Toyota Fortuner rupanya jadi model yang cukup laris di Thailand. Hal itu membuat Toyota Thailand menghadirkan berbagai varian. Setelah Legender dan GR Sport, kini mereka merilis trim Commander. Bedanya, varian ini dibuat dalam jumlah terbatas hanya 1.000 unit saja, sehingga bisa dianggap sebagai edisi spesial.

Untuk harga resmi, perusahaan membanderol 1,505.000 baht atau setara Rp 657 jutaan. Terdapat sejumlah perbedaan fisik dibanding model reguler. Namun penggunaan enjin tetap sama, berbasis jantung pacu diesel 2,4 liter turbo. Sudah terkenal efisien tapi tetap bertenaga.

Kendaraan anyar ini lebih mengarah ke segmentasi konsumen yang suka medium SUV bergaya mewah. Maka Fortuner Commander memiliki dekorasi bumper depan dan belakang berbeda dari GR Sport. Misal, terdapat tangga samping, trim tailgate hitam glossy dengan lambang Fortuner dan atap hitam. Ia datang menggunakan pelek sebesar 20 inci dual tone. Jadi turut mempermanis tampilan dan menambah jarak pijak ke tanah.

Bagian kabin juga dibangun berbeda dibandingkan trim lain. Toyota Fortuner Commander menggunakan jahitan benang merah di seluruh jok. Termasuk di panel pintu dalam. Mungkin maksudnya ialah membuat perbedaan dari reguler, sekaligus menekankan nuansa kemewahan. Selebihnya format interior tak bikin Anda pangling. Posisi setir, meter cluster, head unit dan digital AC masih dipertahankan. Apakah ubahan itu sekadar bersifat kosmetis saja?

Ternyata Toyota Motor Thailand memberi suguhkan berbeda untuk kaki-kaki. Terdapat racikan baru di suspensi depan maupun belakang. Sehingga mendukung pengendaraan nyaman. Terus dibilang sanggup meredam berbagai getaran di semua kondisi jalan. Fortuner Commander sudah dibekali Panoramic View Monitor, Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Monitor. Sisanya sama dari trim dasar. Lantas pilihan warna. Di Negeri Siam, sang Commander tersuguh dalam dua opsi cat tubuh: merah hitam dan putih mutiara kombinasi hitam.

“Toyota Motor Thailand Co., Ltd. memperkuat kepemimpinannya di pasar Pick-Up Passenger Vehicle (PPV) selama 10 tahun berturut-turut. Kini perusahaan memperkenalkan SUV mewah spesial, Fortuner Commander, yang bercirikan desain elegan, berikut fungsionalitas modern juga istimewa. Sekarang hadir pakai tuning suspensi baru untuk menyerap getaran lebih baik. Lalu membantu meningkatkan kelancaran jalan, serta menambah performa berkendara dengan sistem keamanan lengkap,” ucap perusahaan dalam keterangan resmi. (Alx/Raju)

 

 

Fortuner Commander mengusung enjin 2.4L berkode 2GD-FTV VNT (Variable Nozzle Turbocharger). Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal 149 PS pada 3.400 rpm. Lantas torsi 408 Nm di rentang 1.600 rpm – 2.000 rpm. Mesin sudah sesuai dengan emisi gas buang di Thailand yakni Euro 4 diesel. Selanjutnya, mari temukan sejumlah perbedaan fisik dan kelengkapan dari varian biasa.

 

Call